PRODUKSI SIRUP JAMBU AIR YANG KAYA AKAN ANTI OKSIDAN SEBAGAI ALTERNATIF PELUANG USAHA MAHASISWA

Posted: July 9, 2012 in PKM

Dr. Howard Flaks dari Amerika Serikat mengemukakan bahwa kurang minum air akan membuat kita kelebihan lemak tubuh, pertumbuhan dan kesehatan otot kurang normal, fungsi pencernaan dan organ kurang efesien, racun (kotoran) bertambah dalam tubuh dan timbul rasa sakit pada otot dan persendian.

Kita dianjurkan mengkonsumsi cairan sebanyak 2-3 liter perhari. Cairan sangat penting untuk membersihkan ginjal dari asam urine dan urea. Kedua kotoran tubuh ini harus dilarutkan dalam air terlebih dulu sebelum dibuang bersama air tersebut. Bila di dalam ginjal tidak tersedia cukup air, kotoran tubuh tersebut tidak dapat dikeluarkan dengan lancer. Akibatnya kotoran dapat membentuk batu ginjal.

Jambu air menpunyai komposisi zat gizi cukup baik. Sebagaimana tercermin dari namanya keunggulan utama jambu air adalah kandungan airnya yang sangat tinggi yaitu mencapai 93 gram per 100 gram. Itulah sebabnya ketika kita mengkonsumsi jambu air akan terasa kesegarannya, yang bersifat mengdinginkan.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka kami berupaya menciptakan suatu produk olahan yang dapat dimanfaatkan dalam mengupayakan meningkatkan nilai jual dan minat masyarakat terhadap jmabu air. Produk sirup jambu air sebagai antioksidan yang efektif ini masih jarang ditemui di pasaran, karena  biasanya hanya berkisar pada pengkonsumsian pribadi. Perolehan bahan baku buah jambu air ini juga masih tergolong mudah dan murah. Jadi, adanya ketersediaan bahan baku yang memadai dapat menjamin keberlangsungan usaha pembuatan sirup jambu air sebagai inovasi minuman yang kaya akan antioksidan.

Selama ini jambu air juga dipercaya dapat mempercantik kulit. Potensi tersebutcukup besar, mengingat jambu air kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A. dalam 100 gram jambu air terdapat vitamin C hamper setara dengan jeruk mandarin yaitu sekitar 22 mg per 100 gram buah. Kandungan vitamin A-nya juga cukup tinggi, meskipun tidak setinggi jeruk mandarin tetapi jauh lebih tinggi daripada apel.

Angka kecukupan gizi vitamin A pada usia 0-9 tahun berkisar antara 3.000 – 4.000 SI, sedangkan ketika menginjak dewasa meningkat menjadi 5.000 – 7.000 Si. Ketika sedang hamil, seorang ibu membutuhkan tambahan asupan vitamin A sebesar 3.500 Si. Dengan demikian, konsumsi minimal 1 kg jambu air setiap hari dapat membantu asupan vitamin A dalam tubuh ibu.

Dengan inovasi pengolahan jambu air menjadi sirup dapat dijadikan sebagai suatu peluang usaha baru yang juga bermanfaat sebagai alternatif inovasi minuman yang kaya akan antioksidan dengan harga terjangkau untuk semua lapisan masyrakat.

  1. PERUMUSAN MASALAH
    1.                      1.       Bagaimana membuat sirup jambu air sebagai inovatif minuman yang kaya akan antioksidan dalam rangka menumbuhkan kreativitas berwirausaha dengan menciptakan peluang bisnis yang berorientasi pada profit?
    2.                      2.       Bagaimana memanfaatkan buuah jambu air sebagai alternatif minuman kesehatan (berbentuk sirup) yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat dengan biaya yang terjangkau?
  1. TUJUAN PROGRAM
    1.                      1.       Membuat sirup jambu air sebagai inovasi minuman yang kaya akan antioksidan dalam rangka menumbuhkan kreativitas berwirausaha dengan menciptakan peluang bisnis yang berorientasi pada profit.
    2.                      2.       Memanfaatkan buah jambu air sebagai alternatif minuman kesehatan (berbentuk sirup) yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat dengan biaya yang terjangkau.
  1. LUARAN YANG DIHARAPKAN
    1.                      1.       Terciptanya produk sirup jambu air sebagai alternatif obat herbal yang aman serta dapat dipasarkan dan dikonsumsi oleh masyarakat.
    2.                      2.       Terciptanya peluang usaha mandiri bergerak di sektor kesehatan yang mengacu pada bidang jasa penjualan sirup jambu air sebagai inovasi minuman yang kaya akan antioksidan.
    3.                      3.       Meningkatkan karya kreativitas inovatif dalam terciptanya peluang usaha baru bagi mahasiswa yang bermanfaat dan tepat guna bagi masyarakat.
  1. KEGUNAAN PROGRAM
    1.                      1.       Membantu masyarakat yang mengalami permasalahan dengan kesehatan.
    2.                      2.       Meningkatkan kreativitas inovatif mahasiswa dalam menemukan hasil karya yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha.
    3.                      3.       Memberikan nilai jual pada tanaman buah jambu air dengan menganekaragamkan olahan jambu air yang salah satunya adalah berupa sirup sebagai inovasi minuman yang kaya akan antioksidan.
  1. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
  2. Karakteristik Jambu Air

Jambu air menpunyai komposisi zat gizi cukup baik. Sebagaimana tercermin dari namanya keunggulan utama jambu air adalah kandungan airnya yang sangat tinggi yaitu mencapai 93 gram per 100 gram. Itulah sebabnya ketika kita mengkonsumsi jambu air akan terasa kesegarannya, yang bersifat mendinginkan.

Selama ini jambu air juga dipercaya dapat mempercantik kulit. Potensi tersebutcukup besar, mengingat jambu air kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A. dalam 100 gram jambu air terdapat vitamin C hamper setara dengan jeruk mandarin yaitu sekitar 22 mg per 100 gram buah. Kandungan vitamin A-nya juga cukup tinggi, meskipun tidak setinggi jeruk mandarin tetapi jauh lebih tinggi daripada apel.

Selain untuk mempercantik kulit, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan asupan zat besi dan memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas yang merusak pembungkus sperma.

Nilai energinya cukup rendah hingga tidak mengenyangkan, rasa manisnya yang menggugah selera dn kandungan airnya yang menyegarkan akan membuat kita mudah untuk mengkonsumsi jambu air dalam humlah yang banyak.

Seperti buah lain, jambu air mengandung serat pangan cukup tinggi. Selain itu, jambu air juga mengandung mineral yang tidak kalah bagus dari buah yang lebih populer seperti aple atau jeruk mandarin. Jambu air merupakan sumber mineral besi, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga dan mangan.

  1. Keunggulan Produk
    1. Dapat bermanfaat sebagai antioksidan
    2. Dapat bermanfaat menjaga dan memelihara kesehatan pembuluh kapiler
    3. Dapat bermanfaat memelihara gigi dan gusi
    4. Keterkaitan dengan Produk Lain Termasuk Perolehan Bahan Baku

Sirup jambu air merupakan minuman berupa sirup yang mempunyai kegunaan dalam mempercantik kulit. Dibandingkan dengan produk sejenis yang ada di pasaran, yang cenderung menggunakan bahan pengisi tambahan berupa kimia sintetis. Produk sirup jambu air ini masih jarang ditemui di pasaran, karena  biasanya hanya berkisar pada pengkonsumsian pribadi. Perolehan bahan baku buah jambu air ini masih tergolong mudah dan murah. Jadi, adanya ketersediaan bahan baku yang memadai dapat menjamin keberlangsungan usaha pembuatan sirup jambu air sebagai inovasi minuman anti oksidan yang aman.

  1. Analisis Pasar

profil konsumen

Sebagai salah satu bahan makanan yang jumlahnya melimpah dan bernilai gizi tinggi dengan segudang manfaat adalah jambu ai. Buah jambu air dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai camilan saja. Pemanfaatan tersebut hanya sedikit sekali mengurangi jumlah jambu air yang dihasilkan. Karena profil inilah kami berusaha memberi kemudahan bagi konsumen dengan menyediakan produk dalam bentuk sirup agar lebih mudah dikonsumsi oleh masyarakat serta memanfaatkan secara maksimal buah jambu air yang dihasilkan.

peluang, pesaing dan segmen pasar

Kebutuhan akan bahan makanan yang bernilai gizi tinggi serta berasal dari alam masih sangat dinantikan oleh masyarakat. Apalagi produk multifungsi tanpa efek samping seperti halnya jika menggunakan bahan obat non alami. Kondisi ini tentunya membuka peluang bagi produk sirup jambu air untuk ikut andil dalam dunia usaha.

Pesaing dari usaha sirup jambu air ini adalah produk-produk sejenis yang telah terlebih dahulu dipasarkan di masyarakat. Namun, dari inovatif pengolahannya serta kegunaan lain yang dimiliki produk ini maka produk ini diharapkan dapat menembus dunia pemasaran.

Seperti halnya dengan produk sejenis lainnya, produk sirup jambu air ini pun diharapkan dapat diperjualbelikan sebagai bahan minuman yang bernilai lebih di setiap pasar dengan seluruh lapisan masyarakat.

  1. Media Promosi yang Digunakan

Untuk menunjang proses pemasaran, ada beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mengenalkan produk ini di masyarakat. Misalnya, media pamflet, angket, brosur dan beriklan di koran serta radio. Selain itu dapat juga dari perbincangan dengan orang lain, yang biasanya jika dari satu mulut ke mulut lain lebih efektif penyebarannya.

  1. Strategi Pemasaran yang Diterapkan

Sebelum mengembangkan strategi pemasaran yang akan kami terapkan, terlebih dahulu perlu mengembangkan sebuah strategi diferensiasi dan penentuan posisi. Strategi diferensiasi yang akan digunakan adalah menawarkan produk terbaik pada harga menengah dengan pelayanan memuaskan yang dipromosikan dengan baik dan diarahkan untuk semua kalangan masyarakat. Posisi dari produk kami adalah sebagai inovator (pendahulu) sehingga kami harus gencar melakukan promosi.

Strategi pemasaran yang digunakan dalam usaha pembuatan sirup jambu air ini menggunakan analisis pemasaran yaitu :

a         Kebijakan Produk

Usaha ini bergerak dalam bidang produksi dan distribusi. Jenis produk ini berupa sirup kaya manfaat.

b        Kebijakan Harga

Harga yang diberikan kepada pelanggan yaitu Rp. 19.000,00 per botol.

c         Kebijakan Promosi

Untuk meningkatkan hasil penjualan maka perlu dilakukan promosi. Bentuk promosi ini diantaranya yaitu pamflet, spanduk, radio dan media promosi lainnya. Sistem penjualan yang digunakan yaitu penjualan secara tunai, kredit dan sistem penitipan produk ke toko-toko penduduk.

  1. Kebijakan Distribusi

Distribusi hasil produksi kepada para konsumen dilakukan secara langsung di tempat usaha maupun secara tidak langsung yaitu dengan menawarkan kerjasama ke masyarakat

  1. Rencana Produksi Selama Satu Tahun

Target atau rencana produksi sirup jambu air selama satu tahun adalah sebagai berikut         :

1 bulan = 50 botol

1 tahun = 50 x 12 =  600 botol

Harga perbotol adalah Rp. 19.000,00

  1. Analisis Keuangan

analisis awal yang diperlukan

No

Investasi Awal

Rincian

Harga

1.2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

16.

Sewa tempat usahaKompor gas

Gas Elpiji 3 kg

Panci

Baskom

Timbangan

Blender

Pengaduk

Penyaring

Corong

Ember

Gelas ukur

Galon

Sendok

Penutup botol

Uji kandungan gizi

1 set @ Rp 400.000,00

2 @ Rp 150.000,00

2 @ Rp 25.000,00

5 @ Rp 10.000,00

1 @ Rp 175.000,00

1 @ Rp 300.000,00

5 @ Rp 5.000,00

5 @ Rp 5.000,00

5 @ Rp 2.000,00

3 @ Rp 8.000,00

2 @ Rp 27.000,00

2 @ Rp 85.000,00

5 @ Rp 2.000,00

1 @ Rp 250.000,00

 

Rp 1.000.000,00Rp    400.000,00

Rp    300.000,00

Rp      50.000,00

Rp      50.000,00

Rp    175.000,00

Rp    300.000,00

Rp      25.000,00

Rp      25.000,00

Rp      10.000,00

Rp      24.000,00

Rp      54.000,00

Rp    170.000,00

Rp      10.000,00

Rp    250.000,00

Rp    250.000,00

Jumlah

Rp 3.093.000,00

Penyusutan Aktiva

No

Nama Aktiva

Umur Ekonomis

Penyusutan

1.2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

Kompor gasGas Elpiji 3 kg

Panci

Baskom

Timbangan

Blender

Pengaduk

Penyaring

Corong

Ember

Gelas ukur

Galon

Sendok

Penutup Botol

5

5

2

1

5

5

1

1

1

2

5

2

2

5

Rp         7.500,00Rp         2.500,00

Rp         1.100,00

Rp            800,00

Rp         2.900,00

Rp         5.000,00

Rp            500,00

Rp            500,00

Rp            200,00

Rp            300,00

Rp            500,00

Rp         3.600,00

Rp            100,00

Rp         4.500,00

Jumlah

Rp       30.000,00

Biaya Operasional perbulan:

No

Bahan Baku

Harga

1.2.

3.

4.

5.

Jambu air 30 kg @ Rp 2.500,00Gula Pasir 15 kg @ Rp 8.500,00

Asam sitrat + Esens 5 botol @ Rp 7.000,00

Air mineral 2 galon @ Rp 12.000,00

Garam 1 bungkus @ Rp 6.000,00

Rp      75.000,00Rp    127.500,00

Rp      35.000,00

Rp      24.000,00

Rp        6.000,00

Jumlah

Rp    267.500,00

No

Biaya Operasional

Harga

1.2.

3.

4.

Botol 50 @ Rp 2.000,00Tutup botol dan segel 50 @ Rp 500,00

Label 50 @ Rp 500,00

Gas elpiji 4 @ Rp 15.000,00

Rp    100.000,00Rp      25.000,00

Rp      25.000,00

Rp      60.000,00

Jumlah

Rp    210.000,00

Harga Pokok Penjualan

No

Pengeluaran

Harga

1.2.

3.

Biaya transportBiaya promosi

Beban penyusutan aktiva

Rp    100.000,00Rp      50.000,00

Rp        7.500,00

Jumlah

Rp    157.500,00

Jumlah Biaya Operasional Pabrik Perbulan                Rp    635.000,00

Total Investasi Yang Diperlukan                                Rp 5.633.000,00

Analisis Pendapatan dan Keuangan

Produksi 1 bulan               = 50 botol

Harga sirup jambu air yang ditawarkan kepada konsumen dengan harga

Rp 19.000,00 per botol.

Hasil Penjualan 1 bulan     = 50  Rp 19.000,00  = Rp 950.000,00

Total biaya Operasional selama 1 bulan    = Rp 635.000,00

Keuntungan tiap bulan adalah     = Rp 950.000,00 – Rp 635.000,00

= Rp 315.000,00

Analisis kelayakan usaha

  1. Break Event Point (BEP)

BEP dalam satu bulan dapat dihitung sebagai berikut:

BEP harga produksi  =

=  = Rp 12.700,00

Artinya, pada tingkat harga sebesar Rp 12.700,00 usaha ini berada pada titik impas.

BEP volume produksi            =  =   = 33,42

Artinya, pada jumlah volume produksi sebanyak 34 botol, perusahaan tidak mengalami keuntungan dan kerugian (impas).

  1. B/C Ratio

B/C ratio          = == 1,50

B/C Ratio > 1 maka usaha ini layak untuk dijalankan. Artinya tiap satuan biaya yang dikeluarkan diperoleh hasil penjualan sebesar 1,50 kali lipat.

  1. Return On Investmen (ROI)

ROI      =

Artinya, usaha ini layak untuk dikembangkan karena setiap pembiayaan sebesar Rp 100,00 diperoleh keuntungan sebesar Rp 49.61

  1. Perhitungan Pengembalian Modal

= 41.7%

Berdasarkan perhitungan analisis kelayakan diatas, maka investasi tersebut layak untuk dilaksanakan. Jadi gambaran usaha yang direncanakan benar-benar menjanjikan profit untuk menjamin peluang usaha.

  1. METODE PELAKSANAAN

Persiapan

  1. Persiapan Bahan dan Alat

Adapun bahan yang harus dipersiapkan adalah 5 kg jambu air, 2 kg gula pasir, asam sitrat dan pewarna makanan beserta alat-alat yang digunakan yaitu kompor, panci, baskom, timbangan, blender, pengaduk, penyaring, corong, ember, gelas ukur dan alat pelengkap yaitu botol, tutup botol, segel, dan label.

  1. Persiapan Tempat

Tempat untuk produksi sirup jambu air adalah tempat yang sengaja disewa untuk kegiatan produksi karena kedepannya kita berniat menjalankan produksi sirup oyong sebagai peluang usaha bagi mahasiswa yang bermanfaat dan tepat guna bagi masyarakat.

Pelaksanaan

Produksi

1)   Tahap Awal Pembuatan Sirup Jambu Air

Pada tahap ini yang pertama-tama perlu dilakukan adalah memilih buah jambu air yang baik dan segar, kemudian buah dikupas lalu dicuci dengan air bersih yang mengalir. Setelah benar-benar bersih, daging buah jambu air dihancurkan dengan blender dan dipisahkan antara sari buah jambu air dengan ampasnya menggunakan penyaring. Sari buah jambua air dan gula dicampur kemudian dipanaskan selama kurang lebih 30 menit sampai campuran mengental dan selama pemanasan harus selalu diaduk agar larutan tercampur secara merata. Setelah campuran sari jambu air dengan gula dingin ditambahkan asam sitrat yang bertujuan memberi cita rasa dan membuat sirup bisa bertahan untuk waktu yang relatif lama.

2)   Tahap Pengemasan Sirup Jmbu Air

Sebelum dimasukkan ke dalam botol kemasan terlebih dahulu botol harus disterilkan dari bakteri-bakteri yang ada di dalamnya dengan cara mencuci botol dengan air bersih yang mengalir, kemudian botol diuapkan agar gas oksigen yang ada di dalam botol dapat keluar sehingga mencegah perkembangbiakan  bakteri-bakteri baru. Setelah botol steril, masukkan sirup jambu air ke dalam botol kemudian ditutup dengan rapat dan disegel.

3)      Promosi dan Pemasaran

Promosi dapat dilakukan sebelum produk dibuat, akan tetapi agar lebih          mudah menerik minat konsumen maka perlu dibuat sampel produk.          setelah produk selesai dibuat dan dikemas, maka siap untuk dipasarkan      ke konsumen. pemasaran dapat disebarkan pada toko-toko penduduk,        pasar tradisional, koperasi dan dapat langsung memesan ke tempat        usaha.

  1. JADWAL KEGIATAN
No.

Kegiatan

Bulan Ke

I

II

III

IV

1 Perencanaan Usaha meliputi:

  1. Persiapan pelaksanaan
  2. Perijinan tempat
2 Pembelian perlengkapan dan bahan baku
3 Pembuatan produk dan pengemasan
4 Promosi dan Pemasaran
5 Penyusunan Laporan Akhir
  1. RANCANGAN BIAYA

i. Tabel Rekapitulasi Dana

No.

Jenis Pengeluaran

Jumlah

1.

Investasi Usaha (keg. Produksi) Rp  5.633.000,00

2.

Dokumentasi Rp     265.000,00

3.

Transportasi Rp     200.000,00

4.

Perlengkapan dan Konsumsi Rp     500.000,00

5.

Penyusunan Laporan Rp.    402.000,00

Total

Rp. 7.000.000,00

ii. Rincian Pengeluaran

a. Dokumentasi

No

Pengeluaran

Biaya

1.2.

3.

4.

Sewa Kamera DigitalBaterai Alkaline 2 @ Rp 7.500,00

Pindah data ke CD

Cetak foto

Rp     100.000,00Rp       15.000,00

Rp       50.000,00

Rp     100.000,00

Jumlah

Rp     265.000,00

b. Transportasi

No

Pengeluaran

Biaya

1.2.

3.

Pra kegiatanPelaksanaan Kegiatan

Pasca Kegiatan

Rp      50.000,00Rp    100.000,00

Rp      50.000,00

Jumlah

Rp    200.000,00

c. Perlengkapan dan Konsumsi

No

Pengeluaran

Biaya

1.2. Pakaian KerjaKonsumsi Rp    200.000,00Rp    300.000,00

Jumlah

Rp    500.000,00

d. Penyusunan Laporan

No

Pengeluaran

Biaya

1.2.

3.

4.

5.

6.

Kertas A4 2 @ Rp.30.000,00Tinta Printer 2 @ Rp 25.000,00

Penggandaan

Pengarsipan

Copy CD

ATK

Rp      60.000,00Rp      50.000,00

Rp    125.000,00

Rp    100.000,00

Rp      30.000,00

Rp      37.000,00

Jumlah

Rp    402.000,00
  1. LAMPIRAN

Lampiran

     Biodata ketua serta anggota kelompok

Ketua Pelaksana Kegiatan :

Nama                                       :Gepsy Indah Lestari

NIM                                        : 3101409067

Fakultas/ Jurusan                     : Ilmu Sosial/Sejarah

Perguruan Tinggi                     : Universitas Negeri Semarang

Semester                                  : 5(lima)

No.HP                                     : 089668205580

Waktu untuk kegiatan PKM: 15 jam/minggu

Ketua Pelaksana

Gepsy Indah Lestari

NIM 3101409067

Anggota Pelaksana Kegiatan :

Anggota Pelaksana 1

Nama                                          : Putri Anggraeni

NIM                                           : 3101408023

Fakultas/Jurusan                         : Ilmu Sosial/Sosiologi dan Antropologi

Semester                                     : 7 (tujuh)

No. HP                                       : 08562667094

E-mail                                         : putrie@gmail.com

Anggota Pelaksana I

Putri Anggraeni

NIM 3101408023

Anggota Pelaksana 2

Nama                                          : Wahibah Lana In Ama

NIM                                           : 7101409273

Fakultas/Jurusan                         : Ekonomi/ Pendidikan Ekonomi

Semester                                     : 5 (lima)

No. HP                                       : 085727381622

E-mail                                         : lana_mraz@rocketmail.com

Anggota Pelaksana 2

Wahibah Lana In Ama 

NIM 7101409273

Anggota Pelaksana 3

Nama                                          : Isti Jabatul Aliyah

NIM                                           : 3101409053

Fakultas/Jurusan                         : Ilmu Sosial/ Sejarah

Semester                                     : 5 (lima)

No. HP                                       : 089668205580

E-mail                                         : istijabrix@yahoo.com

Anggota Pelaksana 3

Isti Jabatul Aliyah 

NIM 3101409053

lampiran 2

Biodata Dosen Pendamping:

Nama                                       : Drs. Suharso, M.Pd

NIP                                         : 196209201987031001

Jabatan Struktural                   : Lektor

Jabatan Fungsional                  : Penata tk.I/III

Alamat            dan No.Hp                 : Jln. Pangeran Puger No. 20 Kudus                                                               085726998505

Waktu Untuk Kegiatan PKM: 15 jam/minggu

Dosen Pembimbing

Drs. Suharso, M.Pd

NIP.196209201987031001

 

            lampiran 3

                        PROSES PRODUKSI

Penambahan pewarna dan asam sitrat

asam sitrat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

lampiran 4

SURAT PERNYATAAN KERJASAMA

DISTRIBUSI PRODUK SIRUP JAMBU AIR

PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA KEWIRAUSAHAAN

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

TAHUN 2011

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama               : Gepsy Indah Lestari

Alamat                        : Petarukan Kabupaten Pemalang

Jabatan                        : Ketua PKM Kewirausahaan UNNES 2011

Selanjutnya disebut pihak pertama,

Nama               : Zaenuri

Alamat                        : Ds. Baleromo RT 04/IV Kec. Dempet Kab. Demak

Jabatan                        : Pemilik toko

selanjutnya disebut pihak kedua,

Bersepakat untuk melakukan kerja sama dalam Pelaksanaan kegiatan Program        Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) yang berjudul PRODUKSI           SIRUP JAMBU AIR YANG KAYA AKAN ANTI OKSIDANSEBAGAI           ALTERNATIF PELUANG USAHA MAHASISWA. Dengan kesepakatan             sebagai berikut :

Pihak Pertama

  1. Dalam kapasitas mewakili Tim Program Kreativitas Mahasiswa UNNES
  2. Merencanakan dan melaksanakan program kewirausahaan

Pihak Kedua

  1. Membantu  menyediakan sarana distribusi produk sirup jambu air
  2. Membantu mendistribusikan produk sirup jambu air

Demikian kesepakatan tersebut dibuat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan untuk dipatuhi.

Semarang, 05 Oktober 2011

Pihak 2                                                                        Pihak 1

Pemilik Toko                                                               Ketua Tim PKM

Zaenuri                                                                       Gepsy Indah Lestari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s